Bruce Lee

Bruce Lee (27 November 1940 – 20 Juli 1973) adalah salah satu master seni beladiri.Nama lengkap dia adalah Bruce Jun Fan Lee . Tinggi badan 5 setengah kaki dengan berat 135 pon. Menciptakan seni beladiri JKD (Jeet Kune Do) yang di dapat dari penelitiannya berdasarkan ilmu fisika Newton dan teknik serta prinsip olah raga anggar Eropa , tinju ala Barat, Wing Chun (Muridnya Ip-Man), Taekwondo , prinsip seni bela diri ini adalah menahan serangan kepalan tangan atau kaki. “The Way of the Intercepting Fist “, kata Bruce Lee.
Bruce Lee juga mempunyai murid – murid yaitu :

* Karem Abdul-Jabbar
* Joe Louis
* Chuck Norris
* Mike Stone

Bruce Lee juga membuat beberapa filosifi atau qoutes yaitu :

*“I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times.”

*“using no way as a way, using no limitations as a limitation.”
*“Simplicity is the key to brilliance”
*“Always be yourself, express yourself, have faith in yourself, do not you go out and look for a successfull personality an duplicate it.”
*“Empty your mind, be formless, shapeless – like water. Now you put water into a cup, it becomes the cup, you put water into a bottle, it becomes the bottle, you put it in a teapot, it becomes the teapot. Now water can flow or it can crash. Be water, my friend.”


*“Real living is living for others.”

*”If i tell you im good,you would probably think im boasting. If i tell you im no good, you know im lying”
(masih bnyk yg lainnya)
Bruce Lee dikenal juga sebagai aktor aktion legendaris China yang populer dengan film-film silatnya. Meski demikian Lee terlahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 27 November 1940 dan besar di Hongkong.
Selain sebagai aktor, Lee juga seorang produser film, yang memproduksi film-film Hongkong, di samping terkenal juga sebagai seorang master kung fu dan penulis buku.
Pria yang juga memiliki nama Li Xiao Long ini, mengeluti dunia akting sejak usia balita, di mana ayahnya yang juga pemain opera sering mengajak dirinya bermain di pangung. Hingga akhirnya pada usia 18 tahun, ia telah membintangi 20 film. Dimana film-film terkenal yang dibintanginya di antaranya WAY OF THE DRAGON, ENTER THE DRAGON, FIST OF FURY, THE GREEN HORNET, dan lain-lain.
Tidak hanya film yang menjadi karya Lee, aktor yang menempuh ilmu filsafat selama kuliah itu juga seorang penulis buku. Buku-buku karyanya berjudul Chinese Gung-Fu: The Philosophical Art of Self Defense (Bruce Lee’s first book) dan The Tao of Jeet Kune Do (Published posthumously). Selain juga menciptakan sebuah seni bela diri yang ia diberi nama Jeet Kune Do, yang dipadukan dari ilmu bela diri, fisika dan ajaran tao yang selama ini dipelajarinya.
Lee yang pernah masuk dalam 100 Most Important People of the Century versi majalah TIME itu berakhir dengan kematiannya yang masih penuh dengan tanda tanya. Suami Linda Lee itu meninggal di Hong Kong, saat dalam penyiapan film GAME OF DEATH.
Prediksi kematiannya pun bermacam, mulai dari penyakit yang tidak terdeksi sebelumnya hingga kemungkinan obat-obatan yang dikonsumsinya. Namun demikian, ia sebelumnya mengkonsumsi Analgesic (obat penghilang nyeri) yang diberikan koleganya bernama, Betty Ting Pei, di mana dirinya sebenarnya alergi terhadap obat tersebut.
Di daerah di china juga terdapat patung Bruce Lee. Itu sebagai kebanggaan rakyat china karena memiliki seorang ahli bela diri yg di lahirkan di negaranya.


sumber; artikelindonesia.com

0 komentar: