Asal-usul Zodiac Yunani

Kita semua pasti mengenal 12 rasi bintang dalam mitologi Yunani.Tapi jarang kita ketahui asal-usul zodiak tersebut. Rupanya 12 zodiak tesebut mempunyai kisah tersendiri.
Berikut kisah ringkas tentang 12 zodiak;


AQUARIUS

diasosiasikan dengan GANIMEDE, pemuda tampan yang menarik hati Zeus yang kemudian menculiknya dalam bentuk burung elang. Di Olimpus Ganimede yang diberi keabadian oleh Zeus bertugas sebagai pembawa minuman untuk disajikan kepada Zeus. Letak rasi bintang aquarius dekat dengan rasi bintang AQUILA (perwujudan Zeus).


PISCES

cerita dibalik rasi bintang ini adalah tentang APHRODITE dan putranya, EROS. Mereka berdua terpaksa merubah diri menjadi ikan untUk melarikan diri dari Gigantes TYPHON yang mengamuk dan mengacak2 Olimpus. Aphrodite mengikat siripnya kepada eros agar mereka tidak terPisah.


ARIES

Aries berasal dari GOLDEN FLECCE (domba berbulu emas dan bersayap) yang diutus oleh Poseidon untuk menyelamatkan Friksos dan Helle anak Nefele. Setelah berhasil selamat, Friksos megurbankan golden flecce kepada Poseidon. Kulit golden flecce digantung disebuah pohon. Kelak golden flecce dicari oleh IASON dan para Argonaut.


TAURUS

Ada beberapa versi tentang Taurus. Ada yang menganggapnya sebagai banteng buruan ORION sang pemburu. Adapula yang menganggapnya sebagai CRETAN BULL (banteng pulau Kreta) milik raja Minos hadiah dari Poseidon. Cretan Bull adalah banteng keramat yang nantinya akan dikurbankan kepada Poseidon. Banteng ini berwarna putih bersih dan dapat berlari diatas air. Pasifae, istri Minos yang dikutuk Poseidon bersetubuh dengan Cretan Bull, dan Pasifae melahirkan Minotaur, monster banteng pemakan manusia.


GEMINI

Gemini biasa dikenal sebAgai BINTANG KEMBAR karena bila dihubungkan akan tampak sebagai sepasang manusia yang sedang bergandengan tangan. Mereka adalah CASTOR dan POLLUX, sepasang anak yang dilahirkan dari sebuah telur angsa. Pollux yang abadi sangat kuat, sedang Castor yang mortal sangat cerdas. Setelah kematian Castor, Pollux memohon kepada Zeus agar Pollux diijinkan membagi keabadian untuk saudaranya. Pollux kemudian membawa Castor kelangit dan membangkitkannya kembali. Dilangit mereka tinggal bersama sebagai rasi bintang gemini. Mereka digambarkan sedang memainkan Lira (Castor / lambang kepandaian dan kecerdikan) dan membawa busur panah (Pollux / lambang kekuatan).


CANCER

seekor kepiting raksasa yang mati diinjak oleh HERAKLES ketika bertarung melawan HYDRA. Hera mengirim seekor kepiting untuk mengganggu pertarungan itu. Herakles yang marah langsung menginjak mati si kepiting. Hera kemudian menaruh kepiting itu dilangit sebagai rasi cancer. Namun ada kisah lainnya, yauitu kepiting itu tidak diinjak oleh Herakles, melainkan ditendang hingga kelangit.


LEO

Dalam 12 tugasnya, pertama2 HERAKLES harus membunuh singa NEMEA dari Argolis. Singa ini sangat kuat, gigi dan cakarnya sangat tajam dan mempunyai kulit yang sangat tebal sehingga tidak ada senjata yang mampu melukainya. Oleh Herakles, singa ini dicekik hingga mati. Setelah itu, dengan cakar singa Nemea, Herakles membuat jubah dari kulit singa Nemea. Jubah itu kemudian dipakai oleh Herakles. Oleh Hera, arwah singa Nemea diletakan dilangit menjadi rasi bintang Leo.


VIRGO

ASTRAEA, putri Zeus adalah dewi keluguan dan keadilan. Dia membawa timbangan sebagai lambang keadilan. Karena muak dengan peperangan dan manusia yang tidak mempunyai rasa keadilan, ASTRAEA pergi kelangit dan menjadi rasi virgo.


LIBRA

Timbangan yang dipegang oleh dewi ASTRAEA (Virgo).


SCORPIO

kalajengking raksasa yang dikirim Dewi HERA untuk membunuh ORION sang pemburu. Orion sendiri mati terkena panah dari Artemis setelah membunuh kalajengking itu.


SAGITARIUS

Rasi Sagitarius digambarkan sebagai Kentaurus dengan Chiron sebagai tokohnya. Dia merupakan guru dari pahlawan yunani kuno yang terkenal seperti, ACHILLES dan IASON. Suatu ketika Chiron gugur dimedan pertempuran. Zeus yang menghormatinya meletakan arwahnya dilangit. Rasi bintang yang berhubungan dengannya adalah SAGITTA (anak panah yang dilepaskannya).


CAPRICONUS

CAPRICONUS adalah kambing-kambing ALMATHEA dari pulau Kreta yang menyusui bayi Zeus setelah diselamatkan oleh ibunya, Rhea dan neneknya GAIA dari KRONOS, ayah Zeus. Setelah dewasa, Zeus menggunakan kulit kambing ALMATHEA sebagai perisainya yang bernama Aegis. Kemudian Zeus pergi melawan Kronos.

sumber

0 komentar: