Tangga Menurut Kacamata Feng Shui



TANGGA selalu menjadi jalan penghubung antara ruang di lantai satu dan lantai dua. Namun, menempatkan tangga tidak sesederhana kelihatannya karena elemen tersebut memiliki fungsi menyalurkan energi di antara lantai bawah dan atas.

Bila dilihat dari kacamata feng shui, tangga bisa dikatakan penghubung yang baik jika ditempatkan pada posisi yang tepat serta memiliki bentuk atau struktur yang baik dan menguntungkan. Apabila lokasinya memiliki energi yang bagus, tangga bakal memberikan energi yang menguntungkan dan memudahkan aliran positif untuk bisa masuk ke dalam rumah. Menurut kaidah feng shui, sebaiknya anak tangga dibuat berjumlah 21 atau 22 buah untuk memenuhi keseimbangannya.

Menurut ahli feng shui Jane Kumala, tangga dalam penggambaran feng shui tidaklah sesederhana itu. Jane mengatakan, berdasarkan metode delapan mansions, sebaiknya tangga diletakkan pada sektor positif dari kepala keluarga karena tangga berfungsi mengaktifkan energi di lokasi yang ditempatkan. Bila dilihat dari metode flying star, tangga sebaiknya diletakkan di lokasi yang memiliki kombinasi bintang yang bagus karena tangga mengaktifkan energi sektor tempatnya berada.

Bila Anda ingin menerapkan tangga melalui kedua metode ini, ada baiknya dilakukan pemahaman mengenai teori dan pendistribusian energi yang ada dalam bangunannya terlebih dahulu. Sementara untuk anak tangga, sebaiknya pilih anak tangga berjumlah ganjil karena angka ganjil melambangkan keaktifan. “Dalam feng shui, tangga berperan sebagai saluran energi yang menghubungkan dua level berbeda dalam bangunan.

Tangga yang memiliki feng shui baik bisa meningkatkan energi yang bagus sekaligus menetralisasi energi yang berbahaya,” ungkap Jane. Tangga yang tidak dirancang dan diperhitungkan dengan baik bisa mengurangi keindahan tatanan bangunan rumah Anda atau bahkan ruangan di dalam rumah bisa terlihat sempit. Jadi, ada baiknya sebelum membuat dan meletakkan posisi tangga, Anda merancangnya terlebih dahulu.

Seorang pakar feng shui tidak hanya fokus memperhatikan tangga. Namun, dia juga harus melihat apakah awal tangga dan ujung tangga mendapatkan ruang yang cukup proporsional sehingga memungkinkan aliran energi yang deras di tangga menjadi lebih tenang. Banyak model tangga yang dapat diaplikasikan untuk tatanan ruang di dalam rumah Anda. Namun, ada baiknya disesuaikan dengan model penataan interiornya agar si tangga dapat menyatu dengan baik dan indah.

“Bila dilihat dari kacamata feng shui, ada beberapa model tangga yang sangat ideal, seperti tangga spiral, tangga curam, dan yang terlalu sempit,” ujar Jane. Tangga dengan bentuk spiral bisa mengubah energi positif menjadi energi yang jelek. Hal ini dikarenakan bentuk spiral memaksa energi memelintir atau memutar. Disebut tangga spiral karena tangga tersebut memiliki model memutar, seperti lingkaran.

Semakin curam tangga, semakin bahaya bagi penghuninya, apalagi bila Anda yang memiliki buah hati yang masih kecil. “Bentuk tangga yang terlalu curam bisa memberikan aliran energi yang terlalu deras. Sementara tangga yang terlalu sempit akan menyempitkan aliran energi yang masuk sehingga meningkatkan kecepatan aliran energi menjadi lebih tinggi lagi,” kata dia.

Jane menambahkan, dalam feng shui, ada beberapa hal yang harus disesuaikan untuk menata tangga yang baik. Mulut tangga misalnya, sebaiknya tidak menghadap pintu utama karena mengakibatkan energi yang jelek langsung masuk dan naik ke lantai berikutnya, sekaligus mengalirkan energi dari dalam rumah ke luar. Sebaiknya pintu kamar, pintu ruang kerja,dan pintu ruang belajar tidak langsung berhadapan dengan mulut tangga karena aliran energi yang ada di tangga akan berefek seperti panah racun.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)
(rhs)
sumber 

0 komentar: