Sejarah Singkat Tembok Raksasa China

 TEMBOK BESAR China (7 Keajaiban Dunia Baru)

Sejarah China adalah salah satu sejarah kebudayaan yang tertua di dunia. Dan telah dihuni oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu.
Salah satu peninggalan sejarah China yang masih bisa dilihat dan juga merupakan salah satu dari keajaiban dunia adalah tembok raksasa atau yang dikenal Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 li (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng).
Hasil penelitian pada tahun 2009, oleh Badan Survei dan Badan Administrasi Warisan Busaya China menunjukan bahwa panjang Tembok Raksasa China mencapai 8.850 km. Proyek tersebut juga menemukan bagian- bagian tembok lain yang panjangnya 395 km, parit sepanjang 2232 km.
Pada awal pembangunannya, tembok dibangun dari batu dan kayu. Penggunaan batu bata adalah perkembangan kemudian. Para pembangunnya dahulu menggunakan bahan-bahan yang tersedia dengan mudah. Misalnya, karena berada di pegunungan, mereka menggunakan batu-batu gunung dan karena berada dekat dengan pepohonan lebat, mereka menggunakan kayu.
Tujuan dari Tembok Besar China adalah membendung serangan bangsa Mongol dari utara. Semula, diperkirakan Qin-shi-huang (220 SM) yang memulai pembangunan tembok itu, namun mnurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok tersebut dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri. Kaisar Qin-shi-huang dari Dinasti Qin hanya meneruskan pembangunan dan memperkokoh tembok yang sudah dibangun sebelumnya.
Pembangunan tembok sempat terhenti setelah wafatnya Qin-shi-huang dan dilanjutkan lagi di Zaman Dinasti Han (140 SM - 87 SM), dan terakhir dilanjutkan pada zaman Dinasti Ming (1368-1644).
Sampai saat ini tembok tersebut masih berdiri kokoh dan megah adalah hasil dari pembangunan Dinasti Ming.



0 komentar: