Sepakbola Wanita


Sepakbola modern ditemukan dan berkembang di Inggris. Dan sekarang, sepakbola merupakan olahraga yang paling diminati di bumi ini. Permainan yang memerlukan kolektifitas tim, strategi yang jitu, teknik permainan yang memumpungi ini sebagian besar didominasi lelaki. Namun kebelakangan ini, sepakbola wanita mulai mendapat perhatian dunia. Bahkan Piala Dunia Sepakbola Wanita telah mulai digelar tahun1991 silam.
Konon sepakbola wanita telah ada pada tahun 25 di China. Tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Donghan (25- 220). seiring perjalanan, sepak bola wanita memasuki masa suram pada masa pemerintahan Dinasti Ching (1644-1912). Pada masa itu, sepakbola wanita dilarang untuk dipermainkan. Hingga tahun 1920 sepakbola wanita baru mulai dipermainkan lagi.
Di benua Eropa, sepakbola wanita mulai berkembang seiring perkembangan sepakbola modern. Dan sebuah pertandingan mulai diadakan di Everton pada tahun1921. Sayang, sepakbola wanita tidak mendapat respon yang bagus dari Federasi sepakbola Inggris (FA) dan dilarang dengan alasan tidak cocok dengan dimainkan wanita. Pelarangan tersebut diikuti oleh negara Jerman dan Belanda pada tahun 1955.
Setelah mengalami pasang-surut, pada tahun 1971 sepakbola wanita diperbolehkan lagi oleh ketiga negara tersebut. Puncaknya di bulan November 1991 Piala Dunia Wanita (FIFA's Women's World Cup) pertama kali diselenggarakan di China.

Sejak saat saat itu, sepakbola wanita terus mendapat respon yang positif dari tahun ke tahun. Bahkan sepakbola wanita juga ikut dipertandingkan pertama kali pada pesta olahraga Olimpiade musim panas di Atlanta- Amerika Serikat pada tahun 1996.

2 komentar: