Mitologi Tentang Para Dewa Petir

Petir adalah fenomena alam memunculkan kilatan cahaya yang biasanya disertai suara gemuruh. Seringkali fenomena petir yang dahsyat tersebut memunculkan kisah-kisah menarik tentang tokoh yang memiliki kekuatan petir.
Didunia fiktif modern, kita mengenal Strom (X-Men) ataupun Captain Marvel yang menggunakan kekuatan petir untuk melawan musuhnya. Akan tetapi, berabad- abad yang lalu didunia mitos juga mengenal manusia super(dewa) yang memiliki kekuatan maha dahsyat tersebut.
Berikut beberapa dewa petir yang melegenda didunia mitos:
1. Zeus

Zeus adalah dewa mitologi Yunani yang juga disebut sebagai ayah para dewa dan manusia. Beliau tinggal digunung Olympus. Dia membagi dunia menjadi tiga bagian dan membagi dunia-dunia dengan dua saudaranya, Poseidon sebagai dewa yang menguasai lautan, dan Haiden sebagai dewa yang menguasai dunia bawah atau dunia kematian.
Zeus disebut sebagai juga sebagai Yupiter dalam mitologi Romawi.

2. Raijin/ Raiden

Raijin adalah salah satu dewa dalam mitologi Jepang. Raijin mempunyai penampilan berotot dengan membawa beberapa drum yng berlambang "tomoe" dipunggungnya.
Untuk memanggil petir, Raijin mengunakan cara memukul drum-drum yang dibawanya itu.

3. Thor

Thor adalah salah satu dewa Norwegia yang gagah perkasa menurut mitologi Nordik. Ia juga pelindung Asgard dan Midgrad.
Senjata andalannya bernama Mjolnir yang berbentuk godam. Dengan Mjoldir inilah ia membuat petir.

4. Seth

Dalam mitologi Mesir kuno, Seth adalah dewa gurun, badai, dan petir yang mewakili sisi kegelapan/ kejahatan. Wujud Seth digambarkan sebagai manusia yang berkepala burung.

5. Indra

Dalam agama Hindu, Indra adalh dewa cuaca dan raja kahyangan. Oleh orang-orang bijaksana, ia diberi gelar dewa hujan, dewa petir, dewa perang, raja langit dan banyak lagi. Beliau adalah dewa yang memimpin delapan Wasu, yakni delapan dewa yang menguasai aspek alam.
Senjatanya disebut Bajra, yang diciptakan oleh Wiswakarma.

6.Lei Gung


Lei Gung/ Leizhenzi adalah dewa petir dalam mitologi China. Beliau dianugerahi gelar panglima dan berkedudukan di devisi lima petir di kahyangan. Dan bertugas untuk membasmi segala kejahatan dan iblis.