Asal Usul Bebek Peking Panggang

Bicara soal makanan, pasti akan membuat air liur mengalir deras. Apalagi yang temanya makanan favorit. Mendengar makanan favorit, saya langsung teringat bebek peking panggang. Salah satu makanan tradisional China yang mendunia Sebagai pengemar makanan bebek peking panggang, saya tertarik untuk mengetahui sejarah makanan lezat tersebut.
peking duck

Menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber, Bebek panggang  berasal dari dinasti Yuan pada tahun 1200-an. Konsepnya berasal dari pengembara bangsa Eropa yang singgah di China pada jaman itu.
Karena kelezatannya, bebek panggang menjadi hidangan favorit di istana. Menurut catatan dari buku The complete Recipes for Dishes and Beverages pada tahun 1330, resep bebek panggang dicuri dan dibawa keluar istana.Sejak itu, bebek panggang bisa dinikmati rakyat jelata dan menjadi makanan terkenal.
Daging bebek ini awalnya berasal dari bebek di kota Nanjing. Karena pembangunan, serta tingkat polusi yang tinggi, pelan- pelan populasi bebek Nanjing ini berkurang. Untuk mengakali masalah ini, petani setempat menemukan jenis bebek baru yang diberi nama bebek peking.
Restoran bebek panggang ini sudah ada di Beijing sekitar tahun 1522 di masa dinasti Ming. Namun baru sekitar pertengahan abad 20, bebek peking panggang menjadi sajian nasional China. Pelan tapi pasti, kepopuleran bebek panggang peking mulai menjadi hidangan handalan restoran China di belahan dunia. Dari mulai kelas raja/ bangsawan sampai kelas rakyat biasa.
Kelezatan bebek peking panggang ini populer di Amerika sekitar tahun 1975. bahkan beberapa tokoh penting Amerika adalah pengemar makanan ini. pada tanggal 18 Januari 2012 lalu, warga Amerika merayakan National Peking Duck Day.



0 komentar: