Catatan Tentang Tahun Baru China


Tahun baru China/ Imlek adalah perayaan tahun baru yang dirayakan oleh hampir semua etnis China diseluruh dunia. Termasuk beberapa negara tetangganya seperti Jepang, Korea, dan negara- negara di Asia Tenggara.

Perayaan tahun baru Imlek juga dikenal sebagai perayaan musim semi, adalah saat yang sangat bersyukur bagi masyarakat China, khususnya masyarakat agraris. Pada saat itu merupakan musim panen raya dan juga musim yang tepat untuk kembali menanam bibit yang baru. Masyarakat merayakannya dengan suka cita bersama keluarga, famili, dan sahabat.
Sebagai ungkapan rasa terima kasih dan puji syukur kepada Yang Kuasa dan leluhur, masyarakat memberikan berbagai macam sesaji dan memohon doa dengan harapan musim depan akan lebih baik lagi. Tradisi ini telah lama berlangsung hingga saat ini.

Sejarah mencatat, sistem penanggalan China dimulai pada tahun 2637 SM. Tapi yang resmi dipakai sekarang adalah sistem penanggalan yang dianjurkan oleh Kong Hu Cu. sistem ini memakai tahun kelahiran Kong Hu Cu sebagai tahun pertama dari penanggalan tersebut, yakni tahun 551 SM.
Seiring dengan perkembangan waktu, perayaan tahun baru China sekarang ini lebih bervariasi. Pada umumnya nilai- nilai yang tertanam selama 4000 tahun silam masih merupakan dasar dari perayaan ini. Puji syukur kepada Yang Kuasa, mendoakan leluhur, berkumpul bersama sanak saudara, dan saling mengucapkan selamat dan harapan masih merupakan rutinitas dalam merayakan tahun baru.
GONG XI FA CHAI....

0 komentar: